Monday, January 17, 2011

RPM, body pump lalu Yoga adalah paduan sempurna untuk mengunci semua sendi

Setelah sekian lama berita digempur ama berita talak dua Teh Ninih dan Aa Gym, sudah saatnya gw angkat bicara, ngarang jaya gw udah berasa kayak kuasa hukum atau juru bicaranya AA aja, dari pada angkat bicara mending angkat barbell atau angkat anak yatim aja biar lebih berguna hidup lo dan bisa angkat derajat dan martabat lo jg…. Ok baik ngaco, berbicara soal angkat mengangkat inilah cerita seputar kali pertama gw angkat barbell.

Gw mau cerita seputar hari2 ngegym gw yang penuh dengan siksa durjana ini.
Awalnya kenapa gw pilih ngegym tidak lain tidak bukan ini karena hasrat untuk menaikkan barat badan barang sekilo dua kilo biar badan terlihat berisi dan tampak lebih ciamik. Gw pikir kalo ngegym tuh gak tersiksa, gw pikir ngegym tuh asik, dan gw pikir juga ngegym itu keren, tapi setelah sekian minggu gw jalani gw hanya menemukan badan gw pegel2 dan otot gw kaku. Curiga treatment yang gw ambil salah nih, ini treatment untuk jadi kaya Lisa Rumbewas kali atau mungkin bahkan ini adalah kelas untuk ibu2 hamil secara pake acara tahan... dorong..tahan..dorong….

Cerita bermula tatkala cahaya senja mulai merona merah menandakan sore hari tiba lalu bergegaslah sang gw pemuda yang tentu saja dengan ketampanan dan gaya paripurna untuk menimba ilmu per-gym-an disebuah gym centre di bilangan BSD City. Dengan semangat berkobar, muka berbinar gw memasuki kelas pertama, yaitu kelas RPM

Dari luaran terlihat gampang hanya menggoes sepeda, anak 3 tahun jg pasti bisa, gw beranikan diri untuk joint the class, pilih sepeda yang paling menarik (walau gak mungkin dipilih lah wong sama satu sama lainnya) gw stel tinggi jok dan pedalnya supaya sesuai dengan postur tubuh gw yang sekaliber Irvan Bachdim ini, kelaspun dimulai dengan berdoa lalu dimulai dengan goesan pertama. Dalam hati “gampil ini mah….. kenapa semua orang pada ogah masuk kelas ini, toh ini kan sepeda palsu lo geber jg gak bakalan tabrakan,” goesan demi goesan terlaksana, instruktur mulai memacu semangat dengan teriak2 membahana, semua menggoes dengan semangat ‘45 kecuali gw yang masih terbuai dengan goesan alakadarnya sambil bersenandung,

“kring..kring naik sepeda.. sepedaku roda tiga..kudapat dari ayah karena rajin bekerja”.

Lamunanku tersentak buyar tatkala sang instruktur mengomandokan goesan gw kudu dipercepat, merasa terpacu mengingat gw jg punya pengalaman magang menjadi kang becak, maka gw pun setuju dg instruksi sang instruktur. gw goes barang 20 putaran paha gw mengencang napas mulai ngos ngosan, ditambahlagi instruktur minta sepeda dikunci kearah ++ yang berakibat sepeda sangat alot untuk digenjot, gw meringis tak kuasa, memaksakan barang beberapa goesan lagi tp gw tak mampu dengkul gw bergetar hebat, keringat bercucuran bak guyuran hujan orografis di bogor, ingin rasanya gw menyudahi kelas dg acting kalau gw ditelepon mamah minta pulsa, tapi gw lupa kalau HP gw taroh di locker, gw cari akal untuk bisa keluar dari kelas penyiksaan ini, gw mau sok sok rante sepeda mocel aka lepas, jadi gw kudu ke bengkel untuk benerin sepeda gw… tp setelah gw perhatikan gak ada rantenya nih sepeda….. duuuhhh gw makin bingung sementara paha dan kaki sudah mati rasa, sesaat teringat dg lagunya Dewi Sandra “mati rasa” sambil sedikit empati ama apa yang dirasakan teh Ninih, mati rasa.

Gw sibuk memikirkan cara sampai detik berjalan menit berlalu dan ahirnya kelas diahiri tepat di menit ke 60, bagaikan menemukan air di tengah gurun, bagaikan menemukan dompet berisi uang jutaan rupiah ditengah utang kartu kredit (curhaaaaaattttttttt) ha..ha… gw pun ngeloyor dengan segera bahkan gw gak menghiraukan sang instruktur yang menyapa “How was the class?” gw cuma senyum penyesalan dan bergumam “yeaaaaahh its perfectly make me dying” ngeloyor menjauh….

Kelas berikutnya ada kelas body pump,
Gw berfikiran cool jg nih ikut kelas ini, badan gw akan segera terbentuk, gw akan menyudahi kepemilikan body shape type trapesium ini dan segera berganti menjadi atletis dan ciamik, segera terbayang gw akan jadi finalis L-man dan Mr.Internasional, membayangkan itu semua gw langsung tanpa berfikir panjang gw masuk ke kelas mengambil beberapa property yang disyaratkan instruktur, gw pun ambil posisi yang paling center. Kelas dimulai dengan angkat angkat, berdiri tiduran semuanya serba ngangkat2, gw ngerasa gila kelas ini mudah bgt segini aja toh… sampe gw sadar kalau beban yang gw angkat itu cuma 2.5 kg, gw tengok emak2 paruh baya ternyata mampu mengangkat lebih berat dari gw, adrenalin gw terpicu, jiwa muda gw panas membara, gw ambil beban lebih berat 3 kali lipat dari ibu tadi, gw ikutin pola instruktur dg sekuat tenaga, tangan bergetar sempurna, aku menyesal ternyata susah kelasnya dan gw masih harus stay disana 1 jam, ohhhh nooooooo acting apa yang bisa gw lakukan supaya gw bisa bebas dari penyiksaan duniawi ini, gw pura2 mati tp ternyata semua orang sibuk dengan kegiatannya masing2 jadi gak sadar malah gw diteriakin di panas2in ama instruktur, kembali gw ke kegiatan penyiksaan duniawi lagiiii, emaaaaaakkkkkk gw mau pulang kampung aja, gw mau ngangkat padi, gabah, gandum dan hasil olahan bumi lainnya aja dikampung kayaknya beratnya boleh dicicil, ini besi diangkat2 kalah kuat lagi ama emak2 sebelah, curiga bukan ibu2 deh tu orang curiga doi adalah Chris John yang nyamar aja….
Semua otot dilatih satu persatu sampai jg diahir kelas cooling down gw udah hampir tak bisa bergerak…..keluar kelas dengan jalan gontai dan lemas dalam bahasa keren kejawennya ndreweli.

Pfuuuiiiiiihhhhh keluar jg dr penyiksaan ini, diluar kelas gw jadi tau arti bersyukur dan berasa terberkati, masih hidup aman sentosa setelah masuk dua kelas yang ternyata mirip penyiksaan tahanan di Vietnam. Gw beranjak dari ruangan tadi dan terdengarlah announcement kalau kelas yoga segera dimulai, dalam hati “ Yoga? Bolehlah untuk merilekskan semua otot yang kencang ini”
Gw masuk kelas yoga dengan semangat sebagai penutup kelas dihari naas itu, gw masuk dengan damai karena memang musiknya menenagkan dan kelasnya temaram redup2 gimana gitu. Ok kelas berjalan 15 menit pertama im fine, im ok, im alright,
15 menit berikutnya gerakan mulai ajaib, kaki diangkat badan di tekuk, tangan diluruskan bak kapal terbang, gw pede bisa melakukan, sang instruktur pun meneliti detil posisi setiap pesertanya dan giliran gw, banyak dikoreksi, dia menginstruksikan apa gw turuti apa, yang ada gerakan makin ngaco, si instruktur berinisiatif untuk membetulkan gerakan, gw baruh disentuh dibagian punggungnya ama telunjuk doi gw ambruk dengan sempurna, semua kelas ketawa, gw menangis tersedu dan minta dianter pulang….

Itulah pengalaman pertama gw ngegym yang gak pake aturan dan cuma dengan modal sok tau….hari berikutnya badan tidak bisa bergerak, semua kaku dan sakit, gw alpa dari gym seminggu…

2 comments:

  1. setelah seminggu, trus gimana? udh mahir donk? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setelah seminggu, tetep, ternayat semua menorehkan pengalaman traumatis, jd skr gymnya ikut kelas dance dan lari2 kecil ala pak Tarno aja

      Delete