Monday, January 17, 2011

Mudik: sebuah catatan kelam pemuda yang hampir ngetop di ibu kota Indonesia, Jakarta Raya

Kali ini kusadari kutelah jatuh cinta……. (background musik berkumandang di hari pertama puasa) pikiran gw melayang jiwa gw gak tenang selalu memikirkan nasi padang dan kampuang halaman.

Mudik itu sudah menjadi ritual tahunan bagi orang2 di Indonesia, tak terkecuali gw seorang pemuda nyaris tampan keturunan ningrat kerajaan Klantan yang hampir ngetop di bilangan Jakarta Raya. Ketenaran gw mengalahkan artis sekaliber Neneng Anjarwati (masih tenar ya doi?). berdasarkan pengalaman dan sedikit wangsit dari mbah Marijan, gw kudu beli tiket jauh2 hari biar kebagian tiket. Karena terahir gw beli tiket on the day, tiket sudah ludes, bahkan tiket berdiri pun habis walhasil gw cuma kebagian tiket kayang (niat bgt ya? sepanjang perjalanan gw kayang, bayar pula). Singat cerita tiket sudah di tangan dan gw tinggal menunggu tanggal pemberangkatan sambil nyanyi2 dan siul2. (jangan heran kalau bibir gw seksi karena sepanjang bulan gw bersiul mulu).

Day after day time passed away, hari yang di nantipun tiba. Kaget sekaget2nya setelah belakangan diketahui tanggal pulang gw adalah tanggal 19 malam yang notabene gw udah libur kerja dari 18, yang notabene lagi lebaran jadi maju dari perkiraan gw (jadi tgl 20), yang notabenenya lagi gw pulang pas malam takbiran, yang notabenenya nota bene masa syahdu hari lebaran bagi gw adalah malam takbiran. Duh… yang notabene berikutnya gw terancam pake baju baru dikereta api (ini yang paling bikin gw sedih dan hampir gak bisa bersiul). Tapi sudahlah nasi sudah menjadi ketupat (dalam arti sebenernya), dengan terpaksa gw pulang tanggal 19 malam alias malam takbiran, rasa sedih menyelimuti hati. Kesedihan gw mengalahkan kesedihan Shella Marcia sesaat setelah diciduk aparat. (mulai lebay) dan kesedihan gw bertambah setelah gw sadar buku pinjaman yang gw baca di kereta tertinggal dengan sempurna di kursi kereta. Terpaksa deh kudu ngeganti buku itu barang 200 rebu, duhhh… nasib (pesan moral, jangan pernah ngaku artis)

No comments:

Post a Comment